SOP

SOP PPSLU Cepiring Kendal

  1. SOP ORIENTASI, KONSULTASI DAN SOSIALISASI

a.

Menyusun rencana kegiatan Pendekatan Awal (Orientasi ,Konsultasi &sosialisasi calon PM) :

b.

Membentuk Tim Orientasi, konsultasi dan Sosialisasi calon PM

c.

Menyiapkan bahan/materi, jadwal, lokasi dan peralatan pendukung kegiatan.

d.

Membuat surat pemberitahuan kepada instansi terkait yang ditandatangani oleh ka panti Menandatangani surat pemberitahuan kepada instansi terkait/Dinas Sosial Kab./Kota tembusan Camat dan Kades/Kep.Kelurahan

e.

Menyiapkan sarana transportasi dan surat tugas pelaksanaan kegiatan

f.

Melakukan Orientasi ,konsultasi dan sosialisasi program/kegiatan pelayanan Panti

g.

Menyusun laporan Pelaksanaan Orientasi,Konsultasi dan Sosialisasi

  1. SOP IDENTIFIKASI

a.

Menyusun rencana kegiatan Pendekatan Awal (Identifikasi calon PM) :

b.

Menyiapkan bahan/materi kegiatan Identifikasi

c.

Melaksanakan Identifikasi

d.

Menyusun laporan Pelaksanaan Identifikasi

  1. SOP MOTIVASI DAN SELEKSI

a.

Menyusun rencana kegiatan Pendekatan Awal (Motivasi dan Seleksi calon PM) :

b.

Menyiapkan sapras pendukung kegiatan motivasi dan seleksi .Menyiapkan bahan/materi kegiatan Motivasi dan seleksi

c.

Melaksanakan Motivasi dan Seleksi

d

Menyusun laporan Pelaksanaan Identifikasi

  1. SOP PENERIMAAN

a.

Mengecek berkas persyaratan administrasi CPM, Membuat no registrasi,daftar nominatif dan file Penerima Manfaat yang telah memenuhi kreteria

b.

Menyiapkan Asrama

c.

Pengasramaan dan pemenuhan kebutuhan

d.

Menyusun laporan Pelaksanaan Penerimaan

 

  1. SOP RUJUKAN

a.

Mengidentifikasi kebutuhan rujukan

b.

Menyusun rencana rujukan

c.

Menetapkan lembaga yang akan dirujuk

d.

Mengajukan rencana kegiatan rujukan

e.

Menyiapkan administrasi rujukan

f.

Melaksanakan rujukan

g.

Menyusun laporan kegiatan rujukan

  1. SOP ASESMEN LANJUTAN

a.

Membuat rencana asesmen lanjutan

b.

Mempersiapkan dokumen asesmen awal dan sarana pendukung lainnya

c.

Melaksanakan Asesmen Lanjutan

d.

Menyusun laporan pelaksanaan asesmen lanjutan

  1. SOP HOME VISIT

1

Menyusun rencana Kunjungan rumah (Home visit) meliputi :

a.

Menetapkan jadual pelaksanaan Kunjungan Rumah

b.

Menyiapkan bahan dan Instrumen Kunjungan rumah

c.

Kontak dengan Instansi terkait lokasi kunjungan rumah

2.

Pelaksanaan Kunjungan rumah meliputi :

a.

Kunjungan Instansi terkait lokasi kunjungan rumah : – Dinsos Kab/kota – Perangkat Desa setempat

b.

Kunjungan Rumah pada keluarga Penerima Manfaat

c.

Menyusun laporan pelaksanaan Kunjungan Rumah

  1. SOP TEMU BAHAS KASUS

1

Menyusun rencana Temu Bahas Kasus (Case Conference) meliputi :

a.

Pembentukan Tim Temu Bahas Kasus

b.

Menyiapkan dan menggandakan case record untuk bahan CC

c.

Menetapkan jadual dan tempat pelaksanaan temu bahas

d.

Membuat Undangan Rapat

2

Pelaksanaan Temu Bahas meliputi :

a.

Mempersiapkan ruang rapat dan kelengkapannya

b.

Pelaksanaan sidang kasus / CC

c.

Menyusun laporan pelaksanaan Temu Bahas

d.

Mengarsip dokumen

  1. SOP RENCANA PEMECAHAN MASALAH

1.

Persiapan menyusun rencana dan pemecahan masalah PM

a.

Membentuk tim penyusunan rencana dan pemecahan masalah

b.

Menyiapkan bahan/materi, jadual, ruangan kegiatan penyusunan rencana dan pemecahan masalah PM

2.

Melaksanakan kegiatan penyusunan rencana pemecahan masalah PM

a.

Rapat pembahasan rencana pemecahan masalah PM atas dasar hasil assesment (fokus masalah dan indikator pemecahan masalah)

b.

Membuat laporan hasil pelaksanaan perumusan rencana pemecahan masalah

d

Menyerahkan hasil Laporan Perumusan Rencana Masalah

 

  1. SOP BIMBINGAN (FISIK, PSIKOSOSIAL, MENTAL SPIRITUAL, SOSIAL, ADL, KETERAMPILAN, REKREATIF)

a.

Menentukan Instruktur

b.

Melakukan koordinasi dan menghubungi instruktur

c.

Menyiapkan bahan/sarpras materi, jadual, ruangan kegiatan penyusunan rencana dan pemecahan masalah PM

d.

Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan

e.

Melaksanakan Temu Bahas Kasus

f.

Membuat laporan Hasil Pelaksanaan Kegiatan

  1. SOP PERMAKANAN

a.

Menyusun rencana kebutuhan permakanan sesuai daftar menu

b.

Mengajukan Daftar rencana kebutuhan permakanan sesuai daftar menu

c.

Melaksanakan kegiatan belanja bahan makanan mentah melalui rekanan yang ditunjuk

d.

Melakukan pengecekan bahan permakanan sesuai daftar pesanan

e.

Melaksanakan pengolahan bahan makanan mentah

f.

Menjaga hasil olahan makanan agar tetap bersih dan bergizi pada saat disajikan .

g.

Melaksanakan penyajian secara langsung makanan kepada penerima manfaat

h.

Memberi tanda dimulainya makan dan mengatur duduk PM agar rapi

i.

Memimpin penerima manfaat untuk berdoa sebelum/sesudah makan

j.

Menjaga kebersihan dapur dan ruang makan serta peralatan masak agar siap dipakai nantinya

k.

Membuat Laporan Kegiatan Permakanan

  1. SOP SANDANG

a.

Menyusun rencana pemenuhan kebutuhan sandang sesuai dengan DPA yang ada

b.

Pendataan dan pengukuran kebutuhan sandang bagi PM yang akan menerima sandang

c.

Membuat surat pesanan dan jumlah sandang serta ukuran sesuai hasil pendataan dan menyerahkannya kepada PPTK melalui Ka Sub Bag TU

d.

Menerima hasil pesanan sandang yang telah dipesan dan melaksanakan pengecekan

e.

Mendistribusikan sandang kepada PM sesuai dengan ukuran

f.

Menyimpan sandang yang belum di ambil oleh PM di tempat penyimpanan

g.

Membuat laporan pelaksanaan pelayanan kebutuhan sandang

  1. SOP PENGASRAMAAN

a.

Mempersiapkan sarana dan prasarana pengasramaan bagi PM baru

b.

Penempatan PM baru dalam asrama

c.

Memberikan fasilitas kasur bantal sprei,dan perlengkapan mandi bagi PM baru

d.

Orientasi lapangan dan perkenalan dengan PM lain

e.

Pemberian hak sesuai dengan PM definitif lain

f.

Membuat Laporan

 

  1. SOP PENYEDIAAN ALAT BANTU

a.

Menyusun rencana kebutuhan alat bantu penerima manfaat

b.

Melakukan pendataan penerima manfaat yang membutuhkan alat bantu

c.

Membuat proposal untuk pengadaan alat bantu yang dibutuhkan

d.

Melaksanakan pengadaan alat bantu

e.

Membagikan alat bantu kepada penerima manfaat yang membutuhkan alat bantu

f.

Melakukan pemantauan alat bantu penerima manfaat

g.

Menyusun laporan pelaksanaan pemenuhan kebutuhan alat bantu

  1. SOP PENYEDIAAN PERBEKALAN KESEHATAN

a.

Menyusun rencana penyediaan perbekalan kesehatan

b.

Melakukan pendataan penerima manfaat yang membutuhkan perbekalan kesehatan

c.

Membuat proposal untuk pengadaan perbekalan kesehatan yang dibutuhkan PM

d.

Melaksanakan penyediaan perbekalan kesehatan

e.

Membagikan perbekalan kesehatan kepada penerima manfaat yang membutuhkan

f.

Melaksanakan pemantauan perbekalan kesehatan penerima manfaat

g.

Menyusun laporan pelaksanaan pemenuhan perbekalan kesehatan

  1. SOP PENYEDIAAN ALAT KEBERSIHAN DIRI

a.

Menyusun rencana pemenuhan kebutuhan alat kesehatan bagi PM

b.

Melakukan pendataan alat kebersihan yang dibutuhkan PM

c.

Membuat proposal untuk pengadaan alat kebersihan yang dibutuhkan

d.

Melaksanakan pengadaan alat kebersihan

e.

Membagikan alat kebersihan kepada penerima manfaat / asrama

f.

Melakukan pemantauan alat kebersihan penerima manfaat

g.

Menyusun laporan pelaksanaan pemenuhan kebutuhan alat bantu

  1. SOP PERAWATAN & PENDAMPINGAN KESEHATAN

a.

Menyusun rencana pelaksanaan perawatan pendampingan bagi PM

b.

Melaksanakan Pendataan kesehatan Penerima Manfaat

c.

Mengklasifikasikan Penerima Manfaat yang membutuhkan perawatan pendampingan

d.

Membuat jadwal pelaksanaan perawatan pendampingan

e.

Melaksanakan perawatan pendampingan sesuai dengan jadwal

f.

Melaksanakan pemantauan perkembangan kesehatan PM yang mendapat perawatan pendampingan

g.

Membuat laporan perkembaangan kesehatan PM yang mendapat perawatan pendampingan

 

 

  1. SOP RUJUKAN PELAYANAN KESEHATAN

1

Rujukan Faskes Pertama

 

a.

Menyiapkan dan Mengidentifikasi data kesehatan PM

 
 

b.

Menyiapkan BPJS dan KTP PM yang bersangkutan

 

c.

Menyiapkan sarana dan prasarana

 

d.

Pemeriksaan ke Puskesmas setempat

 

2

Rujukan Pemeriksaan Lanjutan

 

a.

Mendaftarkan PM setelah memperoleh Rujukan dari Faskes I ke RS sesuai dengan jenis penyakit

 

b.

Pemeriksaan kesehatan di RS

 

c.

PM diopname

 

d.

Menyusun laporan kegiatan rujukan

 
  1. SOP FASILITASI PEMBUATAN KIS/KTP

a.

Ketua Pokja Penyantunan merencakan pembuatan NIK dan KK bagi penerima manfaat yang belum memiliki KTP/KIS

b.

Melakukan pendataan penerima manfaat yang belum memiliki NIK dan KK

c.

Membuat surat pengantar dari kepala panti ke kelurahan untuk mendapatkan keterangan domisili

d.

Melengkapi berkas-berkas persyaratan untuk mendapatkan NIK dan KK

e.

Menyerahkan berkas ke Disdukcapil untuk mendapatkan NIK

f.

Memantau proses pembuatan NIK dan KK

  1. SOP EVALUASI

a.

Menyiapkan rancangan kegiatan evaluasi, sarpras pendukung, ruangan.

 

b.

Mengidentifikasi keberhasilan, hambatan pelaksanaan kegiatan

 
 

c.

Melaksanakan Temu Bahas Kasus

 

d.

Melaksanakan Kegiatan Evaluasi

 

e.

Merencanakan kegiatan RTL

 

f.

Membuat laporan Hasil Pelaksanaan Kegiatan

 
  1. SOP KEDARURATAN PM MELARIKAN DIRI

1

Tindakan Kedaruratan Melarikan Diri:

a.

Mencari dan menyiapkan file Penerima Manfaat

b.

Melaporkan kepada Kepala Panti

c.

Mencari Penerima Manfaat di lingkungan sekitar Panti

d.

Menghubungi pihak keluarga/penanggungjawab Penerima Manfaat

e.

Menghubungi pihak Kepolisian

g.

Membuat laporan hasil kegiatan

h.

Melaporkan kepada Kepala Panti

 

  1. SOP KEDARURATAN PM BERKELAHI

1

Tindakan Kedaruratan BERKELAHI dengan dampak Meninggal Dunia :

a.

Mencari dan menyiapkan file Penerima Manfaat

b.

Melaporkan kepada Kepala Panti

c.

Membawa ke Rumah Sakit

d.

Menghubungi pihak keluarga/penanggungjawab Penerima Manfaat

e.

Menghubungi pihak Kepolisian

f.

Membuat laporan hasil kegiatan

g.

Melaporkan kepada Kepala Panti

  1. SOP KEDARURATAN PM KECELAKAAN

1

Tindakan Kedaruratan Kecelakan di dalam Panti :

a.

Mencari dan menyiapkan file Penerima Manfaat

b.

Melaporkan kepada Kepala Panti

c.

Membawa ke Rumah Sakit

d.

Menghubungi pihak keluarga/penanggungjawab Penerima Manfaat

e.

Membuat laporan hasil kegiatan

f.

Melaporkan kepada Kepala Panti

  1. SOP PENJANGKAUAN

a.

Membentuk Tim Pengaduan

b.

Menyiapkan sarpras dan SDM penanganan pengaduan

c.

Menindaklanjuti Pengaduan, saran dan masukan

d.

Membuat laporan Hasil Pelaksanaan Kegiatan

  1. SOP PENGELOLAAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

a.

Membentuk Tim Pengaduan

b.

Menyiapkan sarpras dan SDM penanganan pengaduan

c.

Menindaklanjuti Pengaduan, saran dan masukan

d.

Membuat laporan Hasil Pelaksanaan Kegiatan

  1. SOP RESOSIALISASI

a.

Menyiapkan data PM untuk kegiatan Resosialisasi

b.

Menyusun rencana dan jadwal kegiatan resosialisasi

c.

Mengajukan rencana dan jadwal pelaksanaan kegiatan resosialisasi

d.

Menyiapkan sarpras kegiatan resosialisasi

e.

Melakukan kegiatan resosialisasi dan Mendokumentasikan kegiatam resosialisasi PM

f.

Menyusun laporan kegiatan Resosialisasi dan dokumentasi

 

  1. SOP TERMINASI KEMBALI KE KELUARGA

a.

Menyiakpan data PM yang akan di terminasi sesuai dengan resosialisasi /perkembangan PM/ kontrak PM

b.

menyiapkan surat terminasi/BA serah terima dan kelengkapan administrasi PM

c.

Menyiapkan PM dan keperluan kegiatan terminasi

d.

Melaksanakan terminasi

e.

Menyusun laporan terminasi dan didokumentasikan

 

  1. SOP TERMINASI MENINGGAL DUNIA DIMAKAMKAN DI PANTI

1

Terminasi meninggal dunia dimakamkan di Panti, meliputi kegiatan :

a.

Memastikan bahwa PM
telah benar-benar meninggal dunia

b.

Pengurusan administrasi Surat Kematian PM

c.

Pemberitahuan kepada keluarga dan tim pemakaman dan persiapan peralatan perawatan jenazah

d.

Prosesi perawatan jenazah dan pemakaman

e.

Pembuatan Berita Acara Penghentian Pelayanan (Terminasi)

  1. SOP TERMINASI MENINGGAL DUNIA DIMAKAMKAN DAERAH ASAL

2

Terminasi meninggal dunia dimakamkan di daerah asal, meliputi kegiatan :

a.

Memastikan bahwa PM
telah benar-benar meninggal dunia

b.

Pemberitahuan kepada keluarga dan persiapan peralatan perawatan jenazah

c.

Pembuatan Berita Acara Penghentian Pelayanan (Terminasi) dan Berita Acara Serah terima

d.

Prosesi perawatan jenazah

e.

Penyerahan jenazah kepada keluarga/masyarakat

f.

Pembuatan laporan Penghentian Pelayanan (Terminasi)

  1. SOP BIMBINGAN LANJUT

1

Merencanakan kegiatan Binjut

2

Membuat Tim dan jadwal serta menentukan sarpras yang dibutuhkan dalam kegiatan Binjut

3

Melaksanakan koordinasi dengan keluarga dan stakeholder terkait

4

Mengidentifikasi temuan masalah dan kebutuhan

5

Menyusun laporan hasil Binjut

 

 

  1. SOP PENELUSURAN KELUARGA

a.

Mengumpulkan data dan file PM

 

Menyusun rencana pelaksanaan penelusuran keluarga

c.

Menyiapkan surat pemberitahuan kepada instansi dan stake holder terkait

d.

Mengirimkan surat pemberitahuan dan menyebar informasi ke kepolisian, instansi, stake holder dan media informasi

e.

Menginformasi tentang keberadaan keluarga di tremukan, menghubungi/ berkoordinasi instansi dan stake holder terkait

f.

Memastikan kebenaran keberadaan keluarga

g.

Menyusun laporan penemuan keluarga dan mendokumenkan

  1. SOP REUNIFIKASI

a.

mengumpulkan data dan file PM

b.

Menyusun rencana pelaksanaan reunifikasi

c.

Menyiapkan surat pemberitahuan kepada instansi dan stake holder terkait

d.

Mengirimkan surat pemberitahuan, instansi, stake holder dan keluarga

f.

Mengantar PM ke keluarga

g.

Menyusun laporan reunifikasi